Asrah

Nama Lengkap Asrah S.Pd. Lahir Di Aceh pada tanggal 02 Juli 1971. Menjadi Guru di SMK Negeri 4 Bondowoso Jawa Timur Mata pelajaran yang di ampu adalah Ba...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS

PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS

( Oleh Asrah, S.Pd )

Guru SMKN 4 Bondowoso

Tangan Menulis hari Ke-8

TantanganGurusiana

SMK Negeri 4 terletak di daerah pancoran, Tepatnya setelah perumahan pancoran Mas Bondowoso. Tidak jauh dari jalan raya bondowoso –Jember hanya beberapa meter saja dari Jalan raya kita akan sampai di SMKN 4 Bondowoso. SMKN 4 di kelilingi dengan pohon vinus milik prutani, sehingga suasana pembelajaran di SMKN 4 sangat sejuk dan Asri karena kelihatan dari sekolah pohon2 yang sangat tinngi yang membuat peserta didik betah untuk melakukan pembelajaran di dalamnya. Tidak hanya itu, di SMKN 4 sendiri banyak di tanami pohon pohon yang rindang, ada tanaman rorela , tanaman bunga dan tanaman lainnya yang membuat sekolah tersebut rindang, sejuk, dingin dan enak di pandang mata. Karena salah satu jurusan di SMKN 4 adalah Agribisnis tanaman perkebunan, sehingga separuh lahan dari SMKN 4 Bondowoso adalah milik dari jurusan Agribisnis tanaman perkebunan sehingga lahan itu penuh dengan tanaman yang produktif yang sangat luas dan indah di lihat oleh mata.

Saya sebagai guru di SMKN 4 Bondowoso memanfaatkan lahan sekolah tersebut untuk melaksanakan pembelajaran di luar kelas. saya sering mengajak peserta didik saya untuk melaksanakan pembelajaran di luar kelas, ada kesenangan dan kegembiraan tersendiri bagi mereka karena selain mereka mendapatkan materi dari gurunya, mereka juga bisa menikmati keindahan alam di sekeliling mereka.

Sebagai guru kita harus benar-benar memahami kemauan dan keinginan peserta didik kita, kita harus tau permasalahan yang di hadapi oleh mereka, dan kita harus tau pembelajaran apa yang menarik yang harus guru lakukan terhadap siswa mereka. Kadang pembelajaran di kelas itu membuat mereka bosan, jenuh dan seringkali siswa merasa mengantuk karena tidak adanya variasi yang mereka dapat. Walaupun sesungguhnya pembelajaran di kelas sangatlah efektif, karena di dukung oleh sarana prasarana yang lengakap, seperti “ LCD, Papan Tulis, Meja untuk Menulis, Kursi siswa, Jam dinding, spidol untuk menulis, ada speaker terpasang di setiap kelas, ada jaringan wifi yang bisa peserta didik gunakan untuk mengakses pembelajaran bahkan kelas mereka dihiasi dengan berbagai hiasana dan ornamen-ornamen dengan tujuan supaya peserta didik betah belajar di dalamnya. Tapi Sarana yang lengkap dan tempat yang nyaman juga tidak menjamin peserta didik akan belajar dengan baik, nyaman

dan memahami materi materi ajar yang di sampaikan oleh guru. Kita sebagai guru harus pandai pandai mencari dan memilih situasi pembelajaran yang baik untuk mereka. Salah satunya situasi yang saya gunakan adalah mengajak mereka untuk mengadakan pembelajaran di luar kelas, karena selain mereka bisa belajar dan mereka juga bisa refresing, mereka bisa berkomunikasi dengan lingkungan alam semesta mereka.

Sebagai guru hendaknya kita jangan selalu memikirkan bagaimana caranya supaya materi ini bisa selesai dengan baik, bagaimana caranya supaya siswa bisa menangkap dan menerima materi ajar ini dengan sempurna, tapi di sisi lain kita tidak mementingkan keadaan siswa, perasaan mereka, kemampuan mereka, situasi tempat mereka belajar. Padahal tempat dan suasana hati yang di miliki siswa itu lebih penting dari pada kita beri materi terus menerus tapi mereka tidak mengerti dan bahkan membosankan bagi mereka. Memang masing-masing kegiatan pembelajaran ada kelemahan dan ada kekuatannya masing-masing, ya kita sebagai guru memang harus menyadari itu semua. Kita harus mampu mengetahui kondisi peserta didik itu sendiri.

Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat buat saya sendiri dan juga buat orang lain. Bahwa situasi pembelajaran sangat penting bagi siswa baik di kelas maupun di luar kelas dengan tujuan supaya mereka merasa senang, gembira, termotivasi dan tidak membosankan mengikuti pembelajaran dari gurunya. Apalagi saya sebagai guru Bahasa Inggris, sangat tidak di sukai oleh siswa, tapi kita terus berusaha dan berjuang membuat peserta didik kita senang menerima pelajaran dari mapel apapun. Selamat berjuang sahabatku dimanapun kalian berada semoga kita menjadi guru yang sukses, sukses mengantarkan peserta didik kita menjadi siswa yang mempunyai karakter yang baik .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen bunda. Inspiratif bgt

23 Jan
Balas

Terima kasih bu luluk

24 Jan
Balas



search

New Post